Manfaat Sertifikasi ISO 14001

Manfaat Sertifikasi ISO 14001

Kualita Sinergi – Merawat lingkungan secara baik dan bisa mencegah organisasi dari dampak negatif terhadap lingkungan merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh semua organisasi di sekarang ini. Manfaat yang akan di dapat di dalam melaksanakan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 adalah untuk mendapatkan pengakuan dengan cara menjadi salah satu perusahaan yang perduli terhadap lingkungan dan mampu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Tentu dari hal tersebut akan terjalin hubungan yang lebih baik lagi ke pelanggan, vendor dan supplier juga masyarakat luas pada umumnya bagi organisasi serta mendapatkan manfaat dan keuntungan lainnya.

Dengan menerapkan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 tentu akan dapat menghemat budget organisasi dan dapat mengambil manfaat lain serta akan mendapatkan nilai tambah di mata masyarakat luas. Agar dapat mencapai hal tersebut dapat dilakukan dengan cara meminimalisir kejadian dan insiden yang dapat menghabiskan budget perusahaan, contohnya ialah mengikuti program asuransi dengan biaya terjangkau dan bisa melestarikan bahan masukan serta energi melalua cara pengurangan. Pengambilan keputusan untuk penerapan sistem manajemen lingkungan merupakan satu manfaat yang di dapat yaitu dengan cara perbaikan dalam mengendalikan biaya seminimal mungkin.


Manfaat Sertifikasi ISO 14001

Setiap organisasi yang mengimplementasikan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 tentu akan mendapatkan manfaat, beberapa manfaat lainnya ialah :

Meningkatkan Citra Perusahaan dan Kredibilitas Organisasi
Apabila perusahaan anda mengikuti sebuah tender dan membutuhkan sertifikasi ISO 14001, inilah sebuah keuntungan yang riil dari manfaat sertifikat ISO 14001. Walau bukan sebagai persyaratan formal, banyak pelanggan, tetangga serta masyarakat sekitar anda tertarik dengan bagaimana anda perduli terhadap lingkungan sekitar. Dengan banyaknya konsumen yang prihatin terhadap praktek lingkungan dari organisasi yang menghasilkan produk yang mereka gunakan. Salah satu cara agar bisa meyakinkan orang lain bahwa organisasi berkomitmen di dalam mengelola dampak lingkungan ialah dengan memiliki sistem pengelolaan lingkungan yang bisa di tunjukkan untuk mengendalikan serta mengidentifikasi dari dampak ini. Tentu hal ini bisa meningkatkan citra perusahaan dan kredibilitas organisasi serta bisa membantu organisasi mempertahankan citra yang baik serta mempererat hubungan masyarakat dan bisa membantu meningkatkan pangsa pasar dengan pihak yang berkepentingan.

Mematuhi Hukum

Manfaat Sertifikasi ISO 14001 2015

Manfaat lain yang  didapat dan diperoleh dari penerapan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 yaitu memberi anda kerangka kerja untuk mengidentifikasi, memantau dan mematuhi berbagai persyaratan lingkungan yang sesuai dengan proses. ini berarti organisasi mencoba mengikuti semua hukum yang berlaku sebelum menerapkan sistem manajemen lingkungan, namun sistem itu sendiri dapat membantu dalam menjaga kepatuhan. Selain itu, implementasi akan memberi tahu orang-orang bahwa organisasi dan perusahaan peduli terhadap lingkungan, dan memiliki kerang

ka kerja yang telah terbukti untuk mengidentifikasi dan mematuhi berbagai persyaratan hukum, peraturan dan kontrak, sehingga meningkatkan citra dan kredibilitas perusahaan seperti di atas.



Tingkat Keberhasilan yang Lebih Tinggi Saat Menerapkan Perubahan
Ketika organisasi mencoba membuat perbaikan yang diuraikan di atas, penting untuk memastikan bahwa organisasi bekerja dengan data yang bagus dan akurat, yang merupakan elemen kunci dari standar ISO 14001. Saat melakukan kegiatan perbaikan ini, Anda dapat sangat meningkatkan peluang bahwa organisasi akan berhasil pertama kali dengan melacak peningkatan melalui pengumpulan data yang baik – dan bahkan jika inisiatif tersebut tidak berjalan, anda akan menemukan ini lebih cepat sehingga anda dapat melakukannya. memperbaiki masalah dan pulih lebih cepat. Ini bisa menghemat waktu dan uang lebih jauh.

Peningkatan Pengendalian Biaya
Semua perusahaan ingin mengurangi biaya ini adalah kenyataan kehidupan di ekonomi dunia saat ini, namun anda mungkin bertanya-tanya bagaimana sistem manajemen lingkungan dapat membantu pengendalian biaya. Cara pertama yang bisa terjadi adalah dengan menggunakan sistem untuk mengidentifikasi, mengendalikan, dan mengurangi jumlah insiden lingkungan yang terjadi, yang dapat merugikan perusahaan melalui biaya tanggung jawab denda, pembersihan, dan reparasi. Kedua, organisasi dapat menggunakan aspek perbaikan dari sistem manajemen lingkungan untuk membantu mengurangi biaya dengan bekerja untuk menghemat energi dan bahan masukan yang dibutuhkan oleh proses.

Baca Juga : Manfaat Sertifikasi ISO 9001 Bagi Perusahaan

Perbaikan Proses yang Lebih Cepat
Unsur perbaikan terus-menerus yang merupakan bagian integral dari persyaratan ISO 14001 dapat digunakan untuk membantu bisnis beralih dari peningkatan kecil menuju peningkatan yang lebih besar pada proses organisasi. Melalui proses yang sistematis ini, anda dapat membangun citra publik dengan lebih baik dan mengurangi biaya, namun untuk terus melakukannya, dapat membantu karyawan menemukan cara baru dan lebih baik untuk mengurangi dampak lingkungan dan menghemat waktu dan sumber daya saat mereka memperbaiki proses. Ketika orang terlibat dalam budaya yang memanfaatkan mereka untuk bekerja menuju tujuan perbaikan yang sama, mereka lebih terlibat secara keseluruhan.



Kurangi Turn Over Karyawan
Seperti yang baru saja dinyatakan, karyawan yang terlibat dalam perbaikan perusahaan lebih banyak terlibat dalam aspek lain dari perusahaan. Mengingat pilihan antara bekerja untuk perusahaan yang menunjukkan kepedulian dan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya dan yang tidak, kebanyakan orang lebih menyukai perusahaan pertama. Karyawan yang terlibat dalam usaha kelompok untuk mengurangi jejak lingkungan perusahaan seringkali akan memiliki peningkatan fokus dan retensi karyawan, dan lebih mudah dan lebih murah untuk mempertahankan karyawan daripada merekrut dan melatih karyawan baru. Jadi, setiap dolar yang dihabiskan untuk membantu karyawan menjadi lebih terlibat perlu penghematan lebih besar untuk departemen pelatihan dan perekrutan.
Tentu saja, alasan utama untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan dengan menggunakan persyaratan ISO 14001 adalah membantu lingkungan dengan tidak mengurangi dampak negatif dan mengurangi jejak lingkungan. Meskipun hal ini tetap benar, beberapa perusahaan masih dapat menemukan kesulitan untuk mempertahankan pengeluaran moneter yang dibutuhkan untuk menerapkan perubahan. Akan lebih mudah untuk membenarkan biaya pembuatan perbaikan ini dengan memusatkan perhatian pada manfaat lain yang dapat melampaui cita – cita sederhana pengelolaan lingkungan dan lebih fokus pada keuntungan jangka panjang dalam menerapkan sistem manajemen lingkungan.
Demikianlah informasi mengenai keuntungan dan manfaat dari sertifikasi ISO 14001 bagi perusahaan. Apabila anda membutuhkan bimbingan di dalam mendapatkan sertifikasi ISO 14001 dapat menghubungi kami.