Prinsip Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Prinsip Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Konsultan ISO 9001 – Berikut beberapa prinsip manajemen mutu ISO 9001:2015 yang diantaranya sebagai berikut:

Fokus Pelanggan
Fokus utama bagi perusahaan yaitu bisa memenuhi kebutuhan dari para pelanggan serta berusaha agar bisa melebihi harapan dari para pelanggan. Bagi perusahaan, bisnis yang terus berlanjut haruslah dapat menarik dan mempertahankan kepercayaan para pelanggan serta pihak yang berkepentingan.

Kepemimpinan
Didalam organisasi disemua level harus ada pengembangan pemimpin yang dapat menetapkan tujuan, arah dan menciptakan situasi yang dimana semua orang dapat terlibat didalam mencapai tujuan dari mutu organisasi. Dengan menetapkan tujuan dan ara serta terlibatnya orang dapat memungkinkan organisasi menyelaraskan strategi, kebiakan, proses dan sumber daya agat dapat mencapat tujuan.
Di sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 kepemimpinan diangkat menjadi satu bagian klausul ISO 9001, mengingat peran penting pemimpin didalam penerapan dan implementasi ISO 9001:2015.



Keterlibatan semua Orang
Orang – orang yang berkompeten di semua level di organisasi sangat penting didalam meningkatkan kemampuan dari organisasi didalam menciptakan dan mengembangkan serta memberikan nilai. Agar dapat mengelola sebuag organisasi secara efektif dan efisien sangat penting saling menghormati dan melibatkan setiap orang di semua level. Pengakuan, pemberdayaan dan peningkatan kompetensi dapat memfasilitasi keterlibatan orang didalam mencapat tujuan dari sistem manajemen mutu ISO 9001 di organisasi. Oleh karena itu haruslah jelas kompetensi dan tujuan serta dukungan terhadap mereka di dalam pencapaian kepuasan organisasi. Merupakan tanggung jawab perusahaan membuat semua orang dapat terlibat dalam sistem manajemen mutu ISO 9001:2015.

Pendekatan Proses
Dari sebuah hasil yang konsisten serta dapat diprediksi dan dicapai dengan cara yang lebih efisien dan efektif apabila kegiatan dapat dipahami dan dikembangkan sebagai sebuah proses yang saling berhubungan yang berfungsi sebagai sistem yang koheren. Sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 terdiri dari proses yang saling terkait. Mengerti dan memahami bagaimana hasil yang dihasilkan oleh sistem ini memungkinkan organisasi dapat mengoptimalkan sistem.

Organisasi terdiri dari banyak proses dan aktifitas, bagaimana cara memastikan bahwa keterkaitan antar bagian menjadi suatu standar yang bisa dimengerti dan dipahami bersama, bahwa proses yang benar akan menghasilkan produk yang benar sehingga siklus proses atau rantai proses berjalan dengan baik dan benar.

Konsultan ISO 9001



Baca Juga : Manfaat Sertifikasi ISO 9001

Perbaikan
Organisasi yang sukses mempunyai fokus terhadap perbaikan. Mengapa demikian, karena perbaikan sangatlah penting bagi organisasi agar dapat mempertahankan kinerjanya, untuk bereaksi terhadap perubahan kondisi di internal organisasi maupun dari eksternal agar dapat menciptakan peluang – peluang baru. Dengan adanya semangat perbaikan yang terus menerus ini menjadi prinsip dari manajemen mutu yang harus dijalankan di dalam sebuah organisasi.

Pengambilan keputusan berdasarkan data atau analisis dan evaluasi data serta informasi lebih cenderung menghasilkan hasil yang seusai dan diinginkan dan sebaliknya. Oleh karena itu masalah ini perlu disadari dari awal oleh organisasi sehingga pengumpulan data, penyimpanan serta evaluasi dari data harus benar sehingga dapat mempermudah organisasi didalam mengambil keputusan.

Manajemen Hubungan
Agar dapat mencapai kesuksesan yang berkesinambungan maka organisasi perlu mengelola hubungan mereka terhadap pihak yang berkepentingan, seperti kepada para penyedia layanan. Sukses yang berkelanjutan lebih mungkin untuk dicapai saat organisasi mengelola hubungan dengan semua pihak terkait dan berkepentingan untuk dapat mengoptimalkan dampaknya terhadap kinerja organisasi. Manajemen hubungan dengan para penyedia eksternal dan mitra sangatlah penting.

Mengembangkan QMS dengan menggunakan prinsip dasar dan konsep dasar
Sistem manajemen mutu ISO 9001 merupakan sistem yang dinamis dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu selama proses perbaikan. Dalam persyaratan QMS ISO 9001:2015 memberikan panduan tentang bagaimana mengembangkan dan mengelola kegiatan yang telah ada ataupun baru didalam organisasi. Agar dapat menerapkan sistem ini organisasi harus memahami dan mengenali semua sistem, proses dan aktifitas yang terkait.



Demikianlah sedikit penjelasan mengenai Prinsip Manajemen Mutu ISO 9001:2015, apabila perusahaan anda membutuhkan Konsultan ISO 9001, 14001, ISO 45001, ISO 37001, ISO 27001, dll silahkan menghubungi kami di 0818.171.279 (WhatsApp) / 0812.9690.4125